Selasa, 12 Desember 2017      
 

Berita Sekolah

PENERAPAN MOVING CLASS DI SMA SEMEN GRESIK TAHUN PELAJARAN 2011-2012
Post 16.08.2011 by Administrator

Oleh: Drs. Setiyo Budi, Kepala SMA Semen Gresik

A.Dasar Hukum
Dasar hukum yang dijadikan pedoman untuk pengajuan proposal ini adalah Permendiknas nomor 78 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, pasal 4 ayat 2 : SBI menerapkan Satuan Kredit Semester (SKS) untuk SMP, SMA dan SMK.
Adapun pertimbangan pelaksanaan moving class adalah bahwa sistim SKS akan lebih mudah dilaksanakan jika moving class.

B.Konsep Moving Class
Moving Class, atau sering disebut juga Subject Matter Based Classroom (SMBC) –Kelas Berdasarkan Subjek Mata Pelajaran, pengertiannya adalah ruang kelas disetting sesuai dengan mata pelajarannya, sehingga setiap ruang kelas memiliki nuansa dan mempunyai atmosfer yang sesuai dengan karakteristik mata pelajarannya. Hal ini sangat membantu guru dalam memotivasi dan menimbulkan apersepsi siswa. Jadi, setiap mata pelajaran memiliki ruang kelas tersendiri, sehingga setiap pergantian mata pelajaran siswa berpindah kelas (moving class) menuju ruang kelas lain, dimana guru pengajar sudah berada didalam ruang kelas masing-masing menunggu kedatangan siswa. Moving Class merupakan sistem belajar-mengajar bercirikan siswa yang mendatangi guru di kelas, bukan sebaliknya.. Sehingga, terdapat penamaan kelas berdasarkan bidang studi. Misalnya, Kelas Biologi, Kelas Bahasa Jepang, dan Kelas Fisika, dan sebagainya.

C.Kebutuhan Ruang Pembelajaran :
Dari analisis kebutuhan ruang, untuk 25 rombongan belajar maka diperlukan 25 ruang kelas ditambah 1/3 dari 25 kelas, jadi agar moving class bisa terlaksana diperlukan 25 + 8 kelas = 33 kelas. Adapun ruang kelas yang ada dan bisa dimanfaatkan sebagai ruang pembelajaran sebanyak 35 ruang, dengan rincian sebagai berikut:
• Kelas yang tersedia = 25    ruang
• Lab. Kimia = 1    ruang
• Lab. Biologi = 1    ruang
• Lab. Bahasa     = 1    ruang
• Lab. Komputer            = 1     ruang
• Lab. Lingkungan Hidup/ex kompos    = 1    ruang
• Aula/Bangsal                = 1    ruang
• Kantin kejujuran            = 1     ruang
• Gazebo Kenitu (Outdoor Class)    = 1    ruang
• Perpustakaan                = 1    ruang
• Toyota Eco Gallery            = 1    ruang

D.Kebutuhan Meja Kursi ruang kelas
Dari meja dan kursi siswa di kelas yang sudah ada, diperlukan penambahan meja dan kursi siswa sehingga diharapkan ada 28 meja dan 28 kursi di setiap kelas. Hal ini sudah ditindaklanjuti wakasek. Ur. Sarana untuk mengajukan Permintaan Pengadaan Barang Sarana Kelas. Meja sudah cukup, kursi siswa kurang 33 buah, direncanakan diambilkan dari SMP SG.

E.Soft-ware Program Pendukung.
Dari beberapa soft-ware program pendukung yang ada, sudah berhasil di unduh oleh Wakasek. Ur. Kurikulum SMA SG dan sudah dipelajari kemungkinan penerapannya di SMA Semen Gresik. Sejauh ini  sampai dengan hari Sabtu tanggal 14 Mei 2011 dapat disimpulkan bahwa soft-ware program “Time-Table 2011”, telah siap diimplementasikan untuk moving class di SMA Semen Gresik mulai tahun pelajaran 2011-2012.

F.Benefit Cost
Yang bisa disampaikan tentang benefit cost disini adalah benefit ‘cost’ dalam bidang pendidikan sebagai berikut:
1. Memfasilitasi siswa yang memiliki beraneka macam gaya belajar baik visual, auditori, dan khususnya kinestetik untuk mengembangkan dirinya.
2. Menyediakan sumber belajar, alat peraga, dan sarana belajar yang sesuai dengan karakter bidang studi.
3. Melatih kemandirian, kerjasama, dan kepedulian sosial siswa. Karena dalam moving class mereka akan bertemu dengan siswa lain bahkan dari jenjang yang berbeda setiap ada perpindahan kelas atau pergantian mata pelajaran.
4. Merangsang seluruh aspek perkembangan dan kecerdasan siswa (multiple intelegent)
5. Faktor-faktor pendukung umumnya berasal dari lingkungan sekolah dan dimanfaatkan semaksimal mungkin agar pelaksanaan moving class dapat efektif dan efisien

Beberapa nilai positif dari moving class antara lain :
1.Siswa bisa mencoba berbagai kelas
2.Siswa berjalan menuju kelas-kelas, membuat siswa berolahraga dan membuat lebih fresh kembali. Keunggulan sistem ini, para siswa lebih punya waktu untuk bergerak, sehingga selalu segar untuk menerima pelajaran.
3.Guru bisa menyiapkan pelajaran di kelas dengan lebih siap dan lebih baik.
4.Guru bisa lebih bertanggungjawab akan kebersihan ruangan kelasnya.

Kekurangan dari penerapan moving class ini diantaranya:
Siswa terlambat masuk ruang kelas pada saat terjadi pergantian pelajaran. Hal ini bisa dikurangi dengan membuat kebijakan sekolah tentang keterlambatan siswa masuk kelas, misalnya dengan mengalokasikan jeda waktu 5 menit setaip oergantian jam pelajaran. Untuk mengurang alasan keterlambatan masuk kelas karena alasan siswa ke kantin, melalui wakasek. Ur. Kesiswaan SMA SG akan membicarakannya dengan pengurus koperasi ‘esgepride’ tentang pengelolaan pedagang kantin SMA SG.

G.Penutup
Penerapan moving class di SMA Semen Gresik sudah dimulai tahun pelajaran 2011-2011, dengan mengharap mendapatkan saran masukan dan pertimbangan dari stake holder SMA SG.

                        
Gresik, 12 Agustus  2011
SMA Semen Gresik,
Ttd.


Drs. Setiyo Budi
Kepala Sekolah


Referensi:

1. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 78 tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional
2. http://chaochao.wordpress.com/2010/08/02/moving-class-hmm/
3. http://umum..kompasiana.com/2009/03/13/moving-class-di-labs-jakarta/
4. http://teleinformasi.com/situs/index.php?judul=moving%20class%20di%20sekolah%20berstandar%20global%20%20creating%20the%20future&url=http://isrona.wordpress.com/2007/04/03/moving-class-di-sekolah-berstandar-global/
5. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/10228

Kembali
View : 840
Comment : 4
RatingRatingRatingRatingRating
 
anak kelas XI IPA : sebenarnya moving class itu udah bagus, temen2 juga ada yang sebagian bilang enak ada yang juga bilang gak enak. enaknya itu bikin gak ngantuk, gak enaknya katanya anak2 yang lain juga bikin capek. trus ada beberapa ruangan yang gak enak kayak gazebo, tempatnya terlalu kecil, desek2 an dan kurang nyaman. yaahhh kalau bisa diperbaiki lagi yaaaa.... makasih :)
19.08.2011 11:42:39
 
Kirana (XII.IPA.1) : Saya kurang setuju dengan program moving class. Program moving class tidak efektif dan efisien karena siswa capek untuk berpindah dari kelas satu ke kelas lainnya (apalagi kalau kelasnya berjauhan) dengan membawa beban tas yang berat sehingga konsentrasi siswa juga tidak dapat fokus. terima kasih..
27.08.2011 20:15:41
 
dua belas ipa : menurut saya, moving class ada sisi baik dan buruknya . sisi baiknya : mengurangi efek kantuk+jenuh murid stelah menerima plajaran, mmudahkan guru dlam mengajar (jadi guru tidak perlu mondarmandir mengunjungi satu per satu ruang klass) sisi buruknya : jam pelajaran masih cnderung molor, barang2 murid bnyak yg trtinggal di bngku (karena berebut tmpat duduk saat moving class) intinya : saya setuju2 saja .setidaknya moving class mnunjukkan kmajuan sma semen gresik .moving class lalala yeyeye !!! terima kasih :D
07.09.2011 22:07:46
 
dua belas ipa : menurut saya, moving class ada sisi baik dan buruknya . sisi baiknya : mengurangi efek kantuk+jenuh murid stelah menerima plajaran, mmudahkan guru dlam mengajar (jadi guru tidak perlu mondarmandir mengunjungi satu per satu ruang klass) sisi buruknya : jam pelajaran masih cnderung molor, barang2 murid bnyak yg trtinggal di bngku (karena berebut tmpat duduk saat moving class) intinya : saya setuju2 saja .setidaknya moving class mnunjukkan kmajuan sma semen gresik .moving class lalala yeyeye !!! terima kasih :D
07.09.2011 22:07:48
 

Nama
Email
Komentar

Perhatian :
Administrator berhak untuk menghapus komentar yang tidak pantas untuk ditampilkan.

Redaksi menerima berbagai berita / info mengenai SMA Semen Gresik baik itu kegiatan, obyek, dll untuk dapat dipublish di web ini. Silahkan kirim berita / info anda ke email redaksi@smasemengresik.sch.id. jangan lupa sertakan data Judul, Nama Pengirim, Isi Berita dan Foto/Gambar jika ada. Redaksi berhak menyeleksi berita / info yg masuk dan akan ditampilkan.

Webmail Login

Email ini diperuntukkan untuk warga SMA Semen Gresik. Untuk pendaftaran silahkan hubungi administrator. Klik disini untuk masuk ke webmail

Kegiatan Bulan ini


Tidak ada kegiatan untuk bulan ini

 
Statistik Situs

Pengunjung Hari Ini 48
Pengunjung Online 7
Total Pengunjung 66380
Update Terakhir 22.11.2017 08:50:59
Kontak
SMA Semen Gresik
Jl. Veteran 150 Gresik - Jawa Timur
Telp. / Fax (031) 3970934
http://www.smasemengresik.sch.id info@smasemengresik.sch.id
 





© Copyright 2010 - 2014 by SMA Semen Gresik. Developed by Inti Media Grafika™